Recent Posts

    Kenali Tipe Kecerdasanmu | Macam-Macam Tipe Kecerdasan Manusia




    Banyak yang ngira kalau orang cerdas itu orang yang pintar dalam bidang akademik. 

    Padahal, ada banyak tipe kecerdasan yang dimiliki manusia. 

    Buat kalian yang mungkin di-cap sebagai orang yang kurang pintar di kelas atau dimana pun, tenang... sekali lagi tenang saja.

    Jangan dengarkan orang yang meremehkan kalian. Saya bisa pastikan kalian itu sebenarnya cerdas kok. 

    Hanya saja tipe kecerdasan yang kalian miliki mungkin berbeda dengan yang kebanyakan orang miliki. 

    Sama halnya sebutan ‘orang pintar’ yang identik dengan dukun sihir, padahal dukun itu payah dalam bidang akademik, hehehe. 

    Hobi dan bakat ada kaitannya dengan tipe kecerdasan yang kalian miliki. 

    Misal nih, kalian suka main gitar tapi benci banget yang namanya pelajaran matematika. 

    Meski sudah dipaksa sama mama belajar matematika, semakin kalian tekuni belajarnya kok rasanya amat terbebani bagi kalian. 

    Nah, jika sudah begitu segera sadari bahwa memang matematika ‘bukan gua banget’ katakan itu pada diri kalian sendiri. 

    Kalau sudah tahu suka main gitar, terus asah skill itu sampai nantinya jadi master di bidang musik, misalnya begitu.

    Oke, sudah cukup basa-basinya. 

    Mari simak macam-macam tipe kecerdasan manusia berikut ini agar kalian segera kenali tipe kecerdasan masing-masing.

    1. Kecerdasan Body-Kinestetik

    Jika kalian menyukai suatu bidang dalam olahraga atau semacamnya, bisa dipastikan kalian memiliki tipe kecerdasan ini. 

    Orang yang memiliki tipe ini selalu ingin berlatih fisik, skill, kekompakan tim, dan mengikuti perlombaan cabang olahraga. 

    Bukan hanya olahraga saja, ada juga yang hobinya menari itu juga masuk dalam kategori tipe ini. 

    Pokoknya suatu keahlian yang selalu berhubungan dengan gerak tubuh aktif itu merupakan ciri-ciri tipe kecerdasan Body-Kinestetik.

    2. Kecerdasan Verba-Linguistik

    Kalian suka menulis artikel kayak saya, proposal, puisi, atau karya tulis lainnya?

    Kalau memang iya, selamat menjadi seorang yang se-tipe sama saya, hehehe. 

    Orang yang memiliki tipe ini sangat suka merangkai kata-kata dan tentu butuh keterampilan khusus untuk bisa menguasai ini. 

    Sebab, keterampilan menulis itu harus diasah layaknya pisau yang semakin tajam semakin bagus digunakan. 

    Dalam kesehariannya selalu berkutat dengan tulisan-tulisan dan bacaan sebagai sumber referensi. 

    Saya sendiri merasakannya, setiap hari selalu membaca buku, dalam bentuk digital maupun fisik. 

    Lalu, tak lupa juga latihan menulis artikel di blog. 

    Ada juga orang yang suka berbicara di depan umum, itu juga termasuk tipe Verba-Linguistik. 

    Kemampuan menyampaikan kepada khalayak dengan tutur bahasa yang baik dan penuh percaya diri itu perlu latihan berkali-kali sebelum menjadi terbiasa. 

    Kemampuan ini bisa dikembangkan dengan berlatih pidato, ikut kursus menjadi MC (Pembawa Acara), hingga ikut lomba-lomba pidato. 

    Biasanya orang yang sudah terbiasa tampil di depan banyak orang dan banyak pengalaman, sangat mungkin menjadi seorang politikus yang hebat.

    3. Kecerdasan Visual-Spasial

    Tipe kecerdasan ini selalu berhubungan erat dengan bidang visual, seperti gambar, video, lukisan, seni rupa (memahat, membatik, mengukir, dan sejenisnya). 

    Jika kalian memiliki ketertarikan pada salah satunya, bisa jadi kalian memiliki tipe kecerdasan ini. 

    Kalau memang sudah benar-benar suka dan menjadi hobi, semisal melukis. 

    Sebaiknya kalian ikuti klub melukis atau ekstrakulikuler melukis untuk meningkatkan pengetahuan kalian. 

    Baik secara teknik maupun hal yang berkaitan dengan melukis lainnya. 

    Lalu, kalian bisa asah tuh skill melukisnya. 

    Bisa jadi kalian nantinya akan menciptakan karya seni yang memukau banyak orang. 

    Tipe kecerdasan ini selalu dibutuhkan untuk profesi sebagai arsitek, insinyur mesin, fotografer, pilot, navigator, pemahat, dan penemu.

    4. Kecerdasan Musik-Ritmik

    Jika dari kalian suka memainkan alat musik atau mungkin menyanyi, itu berarti kalian memiliki tipe kecerdasan yang satu ini. 

    Kemampuan kalian terhadap kepekaan nada, aransemen, atau pun berbagai hal teknis lainnya memang tak bisa diragukan lagi karena sehari-hari selalu berkutat dengan latihan musik. 

    Bagi kalian yang hanya menjadi penikmat musik, coba deh kalian asah skill satu saja alat musik atau menyanyi. 

    Daripada hanya menjadi penikmat, lebih baik menjadi pemainnya, bukan? 

    Siapa tahu passion kalian memang menjadi pemain musik atau mungkin penyanyi. Bukan hanya sekedar penikmat saja.

    5. Kecerdasan Lingkungan

    Kalian suka dengan kegiatan pecinta alam seperti mendaki gunung, kemping, atau menikmati laut? 

    Jika iya, kalian itu sebenarnya cerdas lingkungan. 

    Kalian menyukai yang berhubungan dengan alam bebas atau alam terbuka. 

    Menikmati pemandangannya, belajar langsung dari alam itu sendiri, atau bahkan suka bertualang kemana-mana. 

    Alangkah baiknya kalian harus ikut komunitas yang berhubungan dengan kegiatan alam. Disitu kalian bisa belajar pada yang lebih senior dalam menjelajahi alam. 

    Sebagian dari kalian juga mungkin menyukai kegiatan bercocok tanam, berternak, atau mungkin menggalakkan kebersihan lingkungan. 

    Itu semua juga termasuk dalam tipe kecerdasan lingkungan. 

    Minat kalian dalam menjaga lingkungan dan memanfaatkan sumber daya alam dengan baik sangat cocok dengan tipe kecerdasan ini.

    6. Kecerdasan Logis-Matematis

    Nah.... bagi kalian yang memiliki ketertarikan dengan mata pelajaran matematika. 

    Kalian memiliki tipe kecerdasan logis-matematis, yaitu sesuatu yang berhubungan dengan pemikiran logis dan bisa dibuktikan secara nyata. 

    Bukan hanya matematika, fisika dan kimia juga termasuk dalam tipe kecerdasan ini. 

    Tak jarang orang-orang yang memiliki tipe kecerdasan ini selalu mendapat peringkat bagus di kelasnya. 

    Itu karena mereka diberkati Tuhan dengan IQ tinggi dan keilmuan yang dapat diserap dengan baik oleh otak. 

    Tak menutup kemungkinan orang yang memiliki tipe kecerdasan ini punya ketertarikan terhadap musik atau tipe kecerdasan lainnya. 

    Hanya saja mereka punya kecenderungan lebih terhadap tipe kecerdasan utamanya. 

    Oke, itulah 6 tipe kecerdasan yang sudah saya sebutkan. 

    Setiap individu pasti memiliki anugerah dari Tuhan berupa kecerdasan dengan kadar yang sudah ditentukan dan pastinya dapat berkembang seiring waktu berjalan. 

    Semua tipe kecerdasan dapat diasah dan selalu berproses, tinggal bagaimana kalian bisa memanfaatkan potensi yang kalian miliki. 

    Coba kalian sebut tipe kecerdasan yang mana punya kalian, jawab di kolom komentar ya!      


    Sumber Referensi : E-book berjudul (Sembuh dari Minder,’n Pede Saja Kali...! Motivasi buat Kawula Muda) Karya Ella Sofa

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    15 Komentar untuk "Kenali Tipe Kecerdasanmu | Macam-Macam Tipe Kecerdasan Manusia"

    1. pak jokowi jadi presiden bukan karena nilai akademik.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Terus kira2 masuk kecerdasan yang mana nih? :v

        Hapus
    2. Artikelnya bagus kak sangat bermanfaat untuk menambah ilmu. Tetap semangat ya nulisnya

      BalasHapus
    3. Terimakasih, informasi yang di berikan sangat bermanfaat :)

      BalasHapus
    4. Sumpah, ya. Ini bermanfaat banget. Aku baru tau dong tipetipenyaaa

      BalasHapus
    5. artikelnya bermanfaat banget
      makasih

      BalasHapus
    6. Bagus, bermanfaat sekali. Lanjutkan

      BalasHapus
    7. Wahh, baru tahu ada tipe-tipenya... jadi selama ini aku cerdass???? Alhamdulillah, awowkoaka

      BalasHapus

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel