Recent Posts

    Robocop Mulai Berpatroli | Robot Dubai Kepolisian Pertama di Dunia

     

    Ia bisa berbicara dalam 6 bahasa, membaca ekspresi manusia, mengobrol, berinteraksi, berjabat tangan, dan memberikan penghormatan militer.

    Ia bisa menerima aduan laporan kejahatan dari masyarakat, mengirimkan pesan maupun menerima pesan dari kepolisian. Siapakah ia?

    Ia adalah Robocop, robot polisi yang resmi berpatroli di jalan-jalan Dubai, Uni Emirat Arab.

    Jika beberapa tahun yang lalu Sobat pernah melihat ada film Robocop yang merupakan robot polisi pembasmi kejahatan, melakukan penangkapan penjahat, adu tembak, maka saat ini Robocop sudah ada dan benar-benar bertugas di kepolisian.

    Namun ini adalah versi sederhana dari sebuah robot polisi. Robocop yang ada di Dubai ini belum bisa melakukan adegan kejar-kejaran dan tembak-tembakan melawan penjahat seperti yang ada dalam film.

    Sebenarnya, secara desain, Robocop yang diperkenalkan pertama kali pada 2015 ini berukuran sama dengan manusia dengan tinggi 165 cm.

    Ia mengenakan seragam yang sama dengan seragam kepolisian Dubai. Sebagai alat gerak, robot ini menggunakan roda sehingga kemungkinan dapat bergerak lebih cepat ketimbang robot yang memakai kaki.

    Beda dengan yang ada di film kan?

    Robocop diciptakan untuk membantu warga di jalan. Sehingga meskipun gerakannya cepat, robot ini tidak akan mengejar penjahat yang berkeliaran di jalanan.

    Tugas lain yang akan diemban oleh Robocop si polisi robot Dubai adalah menjadi perantara komunikasi antara warga dengan markas kepolisian.

    Ia juga bisa berperan sebagai perantara membayar denda tilang. Robocop Dubai ini dilengkapi dengan tablet layar sentuh untuk bisa berkomunikasi dengan kantor kepolisian.

    Masyarakat yang ingin berkomunikasi bisa mengakses tablet tersebut layaknya smartphone.

    Tahukah kamu? Dubai menjadi kota pertama di dunia yang memanfaatkan tenaga robot sebagai penjaga ketertiban warganya.

    Pada tahun 2030-an mendatang diperkirakan seperempat dari total pasukan polisi Dubai berupa robot. Wih, keren kan.

    Robot patroli tersebut diciptakan oleh PAL Robotics, sebuah perusahaan robotik yang berbasis di Barcelona, Spanyol.

    Robot itu juga akan dilibatkan untuk penjagaan serta mengatur keamanan pada acara pameran berskala internasional, Expo 2020, yang akan digelar di Dubai.

    Robot ini pun mampu membaca nomor plat kendaraan, mengenali wajah dalam radius 20 meter dan video yang ada di tubuhnya dapat membantu polisi mengawasi kemungkinan risiko di tempat-tempat keramaian di Dubai.

    “Robot semacam ini dapat beroperasi 24 jam sehari dan tujuh hari seminggu, mereka tidak akan meminta cuti, cuti sakit, atau cuti hamil, ini bisa bekerja sepanjang waktu. Bahkan sejauh ini, banyak orang yang tidak gugup berbicara dengan robot dan beberapa bahkan sepertinya lebih memilih berkomunikasi dengan benda itu,” kata Brigadir Khalid Nasser Al Razooqi, direktur jenderal Departemen Smart Service pada kepolisian Dubai.

     

    Sumber : Kerennya Teknologi Masa Kini : Seri Mengenal Teknologi Masa Kini karya Tim Penulis Smart Media

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Robocop Mulai Berpatroli | Robot Dubai Kepolisian Pertama di Dunia "

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel