Recent Posts

    22 Cara Menumbuhkan Kumis Secara Alami Dengan Bahan Alami

    Memiliki kumis yang menawan tentu menjadi idaman kaum pria. Selain terlihat maskulin, bagi pria pada umumnya percaya dengan memiliki kumis dapat menambah ketampanan mereka.

    Beragam alasan lain pun tak terbantahkan, seperti ingin menambah kesan dewasa, macho, berwibawa, dan modis atau fashion.

    Dalam hal ini, bagi beberapa pria yang memiliki gen rambut subur tentu tak memerlukan usaha keras untuk mendapatkan kumis idaman.

    Lain halnya bagi sebagian pria yang genetikanya sulit rambut subur, beragam cara dilakukannya agar kumisnya tumbuh sedikit demi sedikit.

    Hormon testosteron yang berperan mendorong pertumbuhan rambut pada wajah perlu ditingkatkan untuk mendapat hasil yang maksimal. Pola hidup sehat juga perlu diterapkan untuk mendukung pertumbuhannya.   

    Nah, bagi Anda yang mengalami kesulitan dengan hal ini, tenang saja karena dengan bahan alami dan tips yang alami hal itu dapat diatasi kok.

    Berikut beberapa caranya :

    Cara Alami Merangsang Pertumbuhan Kumis dengan Cepat

    1.    Rutin Membersihkan dan Melembapkan Kulit Wajah

    Selain membuat wajah tampak awet muda, kulit wajah yang bersih dan lembab sangat mendukung kumis cepat tumbuh. Anda harus selalu menjaga kebersihan dan kelembapan kulit dengan rutin mencuci wajah minimal dua kali sehari. 

    Jika Anda habis bepergian atau beraktivitas, alangkah baiknya Anda mencuci wajah sesegera mungkin. Setelah itu, eksfoliasi wajah dengan menggunakan scrub juga sangat baik untuk menghilangkan sel kulit mati dan kotoran. 

    Langkah terakhir yang bisa juga dilakukan yaitu menggunakan pelembab dan sunscreen untuk mendukung kelembapan kulit wajah Anda, serta mengatasi kulit kemerahan atau mencegah sunburn akibat eksfoliasi.

    2.    Penuhi Nutrisi Penting  

    Seperti layaknya pupuk untuk kesuburan tanaman, dalam merangsang pertumbuhan kumis juga memerlukan nutrisi yang tepat agar tumbuh subur. Nutrisi yang dimaksud, antara lain :

    • Protein tanpa lemak, bisa didapat dari dada ayam, daging sapi tanpa gajih, ikan, bagian putih telur, dan biji-bijian.
    • Seng, bisa didapat dari kacang tanah, mede, almond, susu, keju, kerang, tiram, kepiting, udang, kentang, buncis, dan kangkung.
    • Lemak sehat, bisa didapat dari alpukat, minyak zaitun, minyak kelapa, tahu, dan yoghurt.
    • Sayuran yang kaya vitamin B, A, C, D, dan E.

    Selain memenuhi nutrisi yang tepat, menjaga berat badan ideal juga harus diperhatikan. Sebab, mengalami kegemukan atau obesitas dapat menurunkan hormon testosteron yang berpengaruh besar dalam pertumbuhan kumis Anda.

    3.    Aktif Berolahraga dan Tidur Cukup

    Olahraga tentu dapat merangsang pertumbuhan kumis, ditambah dengan tidur yang cukup hormon pertumbuhan dalam diri Anda akan melonjak naik. Untuk mendapat hasil yang memuaskan dan lebih cepat, Anda harus konsisten untuk rutin berolahraga minimal 10 menit per hari dan dibarengi dengan tidur nyenyak yang cukup. Ingat satu hal, hindari begadang yang dapat mengganggu kesehatan dan pertumbuhan Anda ya!

    4.    Beri Pijatan Halus

    Banyak orang tidak tahu, dengan memberi pijatan halus pada area kulit bertumbuhnya kumis ternyata dapat merangsang hormon pertumbuhannya lho. Lebih baik lagi jika Anda mencobanya dengan minyak esensial yang juga mendukung pertumbuhannya.. 

    Anda bisa luangkan waktu beberapa menit saja setiap hari untuk memijat area kulit tersebut. Bahkan dengan hanya melakukan itu juga dapat menghilangkan stres dan ketegangan lho.

    5.    Minum Air dengan Cukup

    Asupan air dalam tubuh juga penting untuk diperhatikan. Jika diabaikan, kebutuhan mineral dalam tubuh Anda tidak tercukupi dan berakibat menghambat pertumbuhan kumis. Selain itu, kurang minum air putih berdampak buruk bagi metabolisme tubuh Anda. 

    Jadi, jika Anda ingin sehat dan kumis tumbuh dengan cepat setidaknya minum air putih delapan gelas per hari. Pastikan juga air minum Anda layak konsumsi ya.

    Hal yang Harus Anda Hindari Agar Pertumbuhan Kumis Tidak Terhambat

    1.    Stres Berlebihan

    Kesehatan mental juga berpengaruh terhadap hormon pertumbuhan pada tubuh Anda. Meski stres adalah hal yang wajar dan dialami setiap manusia, jika stres yang dialami berlebihan dapat mengganggu fase pertumbuhan kumis. 

    Anda harus dapat mengatasi stres berlebihan yang dialami dengan berbagai cara yang ada. Ada beberapa cara sehat yang saya sarankan, antara lain : meditasi, melakukan hobi, yoga, mendengarkan musik santai, hingga memperdalam spritualitas.

    2.    Merokok

    Tak semua perokok mengalami kesulitan menyuburkan kumis, namun kenyataannya kandungan nikotin pada rokok justru membuat proses pertumbuhan tidak efektif. Nikotin sangat tidak baik untuk penyerapan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, nikotin juga ternyata dapat mempersempit pembuluh darah yang mengakibatkan munculnya penyakit organ dalam.

    3.    Begadang

    Tidur larut malam sangat tidak disarankan untuk Anda yang ingin cepat kumisnya tumbuh. Tubuh Anda perlu istirahat yang cukup agar proses pertumbuhan tidak terhambat. Untuk itu, biasakan tidur sebelum tengah malam atau sepertiga malam pertama.

    4.    Mengonsumsi Junk Food dan Mengandung Banyak Lemak

    Asupan makanan yang kurang menyehatkan sangat tidak dianjurkan untuk Anda konsumsi. Hal itu hanya akan menghambat proses pertumbuhan kumis Anda. 

    Yang lebih berbahaya-nya lagi, yakni kesehatan Anda akan terancam jika terus-terusan mengonsumsi junk food. Pastikan makanan yang Anda konsumsi mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dan dalam kadar yang cukup.

    Cara Menyuburkan Kumis dengan Bahan Alami

    1.    Minyak Zaitun

    Kandungan vitamin A & E pada minyak zaitun sangat mampu dalam merangsang pertumbuhan kumis, juga memelihara kesehatannya. Anda bisa oleskan minyak zaitun ke area tumbuhnya kumis pada malam hari sebelum tidur, lalu bersihkan sambil mencuci muka saat esok harinya.

    2.    Minyak Kemiri

    Sejak dulu minyak kemiri sudah dipercaya dapat menghitamkan rambut, menyuburkan rambut, dan menguatkan rambut. Kandungan asam linolenic atau asam lemak omega-3 pada minyak kemiri terbukti ampuh dalam merangsang kesuburan kumis. 

    Sama seperti halnya menggunakan minyak zaitun, Anda cukup oleskan minyak kemiri pada area kumis saat sebelum tidur pada malam hari. Lalu, cuci muka dan bersihkan sisa-sisa yang menempel keesokan harinya.

    3.    Lidah Buaya

    Tanaman yang satu ini tentu sudah banyak yang memelihara dan mudah ditemukan. Lidah buaya sudah umum digunakan untuk menyuburkan rambut. Bahkan tidak hanya rambut kepala, lidah buaya juga sangat baik untuk menyuburkan kumis yang jarang. 

    Anda hanya perlu memotong batang lidah buaya, lalu oleskan gel yang ada di dalam batang ke area tumbuhnya kumis. Tunggu satu jam sampai gel itu mengering, kemudian bilas dengan air segar.

    4.    Minyak Esensial Rosemary

    Dalam merangsang folikel pada area kumis, penggunaan minyak esensial sangat bisa diandalkan. Selain itu, minyak esensial juga berguna untuk mencegah kerontokan. Jadi, jika Anda ingin menyuburkan kumis dengan lebat dan merata gunakan saja bahan yang satu ini. 

    Anda bisa oleskan minyak esensial rosemary dengan disertai pijatan halus yang akan menambah perangsangan kumis Anda tumbuh.

    5.    Minyak Almond

    Kandungan magnesium pada minyak almond sangat berguna untuk menyuburkan dan menjaga kesehatan rambut atau kumis. Sama seperti cara-cara sebelumnya, Anda tinggal mengoleskan minyak almond pada area tumbuhnya kumis. Gunakan itu sebelum tidur dan didiamkan hingga esok pagi.  

    6.    Minyak Kelapa

    Kandungan protein yang tinggi pada minyak kelapa berguna memaksimalkan proses pertumbuhan kumis Anda. Selain itu, minyak kelapa juga bertindak sebagai kondisioner alami yang mendukung proses pertumbuhannya dan melindungi dari kerontokan. 

    Untuk itu, minyak kelapa menjadi salah satu solusi terbaik dalam menyuburkan kumis. Cara penggunaannya masih sama seperti sebelumnya. Cukup oleskan pada area tumbuhnya kumis dan biarkan semalaman. Lalu, basuh wajah saat keesokan paginya.

    7.    Bawang Merah

    Siapa sangka bawang merah yang umum digunakan sebagai bumbu dapur juga berkhasiat untuk penyubur kumis. Anda bisa menumbuk, mengulek, atau pun memblender dua siung bawang merah sampai halus. Kemudian, oleskan pada area kumis. Diamkan selama setengah jam atau sampai mata Anda tak kuat menahan perih. Terakhir, bersihkan segera sisa-sisa yang menempel dengan menggunakan air segar.

    8.    Bawang Bombay

    Sama halnya dengan bawang merah, bawang bombay juga berkhasiat untuk penyubur kumis yang efektif dan cepat. Cara mengelolanya pun sama dengan bawang merah. Namun, perlu kehati-hatian agar bawang tidak sampai mengenai mata, jika tidak akan menimbulkan rasa pedih pada mata.

    9.    Kuning Telur

    Kuning telur mengandung banyak vitamin. Mulai dari vitamin A, B, dan E yang berguna memperkuat jaringan rambut pada kumis. Caranya tinggal oleskan kuning telur pada area kumis dan diamkan setidaknya selama setengah jam. Kemudian, bilas seluruh wajah dengan air segar.

    10.  Teh

    Tak banyak yang tahu, teh ternyata dapat menguatkan akar rambut dan melebatkan kumis lho. Namun, sebelum menggunakan teh Anda harus siapkan segelas teh yang didiamkan semalaman. Setelah itu, gunakan cotton bud untuk menyerap teh dan oleskan pada area tumbuhnya kumis.

    11.  Lemon

    Buah kaya anti-oksidan dan vitamin C ini juga ampuh dalam merangsang pertumbuhan folikel rambut pada kumis. Tak hanya itu, kandungan asam alpha hidroksi yang ada pada lemon dapat menangkal radikal bebas yang menyerang kesehatan kulit. Sehingga, kesuburan kulit pun terjaga dengan baik. Anda dapat oleskan perasan lemon pada area kumis secara rutin untuk hasil yang maksimal.

    12.  Jeruk Nipis

    Sama halnya dengan lemon, jeruk nipis juga sama khasiatnya dalam menyuburkan kumis secara alami. Anda dapat memotong jeruk nipis menjadi dua bagian, lalu mengoleskannya pada area kumis Anda. Diamkan selama setengah jam lalu bilas dengan air segar.

    13.  Susu Sapi Segar

    Kandungan vitamin, mineral, dan nutrisi yang terkandung pada susu sapi juga bisa melebatkan kumis Anda lho. Tapi, pastikan susu yang Anda beli adalah susu sapi murni dan masih segar. Jangan susu yang kaleng-kaleng. 

    Caranya, yang perlu Anda lakukan hanya merendam kapas yang cukup tebal ke dalam susu sapi tersebut. Lalu, kompreskan pada area kumis Anda selama setengah jam.

    Itulah cara-cara menumbuhkan / menyuburkan kumis yang mudah ditemukan di sekitar Anda. Perhatikan juga hal-hal yang dapat menghambat pertumbuhan kumis Anda ya.

    Semoga bermanfaat.  

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "22 Cara Menumbuhkan Kumis Secara Alami Dengan Bahan Alami "

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel