Recent Posts

    Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat dan Lurus Secara Alami

    Memiliki rambut panjang dan lurus menjadi dambaan setiap orang, khususnya bagi para wanita yang ingin tampil menawan. Bagi sebagian pria yang menyukai rambut gondrong, juga tak kalah ingin memanjangkan rambut sebagai style mereka. 

    Ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan, salah satunya dengan penggunaan bahan-bahan alami yang bisa didapatkan di sekitar Anda.

    Namun, sebagian orang baik wanita maupun pria pasti memiliki masalah kesulitan dalam memanjangkan rambut, bahkan bagi pria dewasa tak jarang mengalami masalah kesulitan menumbuhkan kumis lho.

    Sebelum memulai membahas lebih dalam, mari ketahui terlebih dahulu penyebab-penyebab rambut tidak cepat panjang.

    Penyebab Rambut Tidak Cepat Panjang

    1.     Mengalami Kerontokan

    Rambut rontok merupakan kondisi yang wajar terjadi. Namun, apabila Anda mengalami kerontokan secara berlebihan maka Anda hendak waspada. Sebab jika kerontokan makin menjadi-jadi, hal itu menjadi masalah serius yang harus segera ditangani. 

    Ada beberapa solusi untuk Anda yang mengalami kerontokan, yakni menggunakan shampo khusus rambut rontok (menggunakan serum / tonik sehabis keramas, rutin melakukan trimming terutama pada bagian rambut kering dan bercabang untuk mencukupi kebutuhan nutrisi rambut)

    2.    Stres Berlebihan

    Untuk Anda yang dilanda stres entah itu karena pekerjaan atau masalah lainnya, coba luangkan waktu untuk memanjakan diri dengan melakukan perawatan rambut. Disadari atau tidak, stres berlebihan yang dialami selain berdampak pada kesehatan jiwa, juga berdampak pada kesehatan rambut Anda. 

    Bentuk rambut pun akan menjadi lebih buruk saat mengalami stres, kelihatan tidak segar dan lurus. Dengan melakukan perawatan rambut entah itu dengan memijat kepala atau masker rambut, hal itu dapat membuat Anda menjadi lebih terlihat awet muda dan berpenampilan menarik.

    3.    Mengalami Dehidrasi

    Kurangnya asupan air membuat rambut menjadi kurang subur. Sebab, seperempat dari area rambut itu mengandung air. Jika Anda kurang meminum air, sangat disarankan untuk mengonsumsi air putih sehat minimal 2 liter dalam sehari. 

    Dengan kebutuhan air yang tercukupi, vitamin yang dibawa air ke akar rambut akan menghidrasi keseluruhan rambut secara maksimal. Hal itu juga berguna untuk mencegah terjadinya rambut rontok.

    4.    Terlalu Sering Terpapar Panas

    Apakah Anda rutin menggunakan catokan, blow dryer atau pengeriting rambut?

    Jika iya, Anda harus membatasi penggunaan alat-alat tersebut karena panas yang dihasilkan dapat berdampak buruk bagi kesehatan rambut. Selain mengurangi kelembapan kulikula, hal itu juga menjadikan rambut mudah rapuh dan patah.

    Cara mengatasinya, Anda bisa menggunakan produk pelindung panas yang berkualitas. Kemudian gunakan juga serum dan tonik untuk merangsang pertumbuhan rambut serta menyehatkan kutikula.

    5.    Gizi Kurang Seimbang

    Kondisi kesehatan rambut juga dipengaruhi oleh makanan yang Anda konsumsi. Alangkah baiknya, Anda mengonsumsi makanan yang kaya vitamin dan hindari terlalu banyak mengonsumsi gula. Sebab, gula darah yang melonjak naik dapat menyempitkan rongga di akar rambut. 

    Begitu juga jika Anda kekurangan protein, hal itu dapat memengaruhi kadar keratin pada rambut. Oleh karena itu, selalu jaga asupan makanan Anda dengan seimbang. Mengonsumsi makanan bergizi dengan kadar cukup, tidak berlebihan juga tidak kekurangan.

    6.    Kulit Kepala yang Tidak Sehat

    Penggunaan produk perawatan rambut yang kurang tepat menjadi penyebab kulit kepala menjadi tidak sehat. Alih-alih rambut dapat tumbuh subur dengan cepat, melainkan justru rambut menjadi kerdil. 

    Hal itu karena mengalami penyumbatan, pori-pori kulit kepala yang tersumbat menyebabkan pernapasan kulit kepala terganggu. Untuk itu, selalu hati-hati dalam memilih produk perawatan rambut. Pastikan produk yang Anda beli itu terpercaya dan jangan mudah terpengaruh dengan harga yang murah ya.

    7.    Berganti-ganti Gaya Rambut

    Mengganti gaya rambut memang diperbolehkan dan sah-sah saja. Tetapi yang berbahaya itu ketika Anda mencoba berganti gaya rambut dalam jangka waktu pendek. Jika hal itu terus-terusan dilakukan, maka dapat berdampak pada kerusakan rambut. 

    Mengganti model rambut dengan bleaching atau pewarnaan yang menggunakan bahan kimia juga dapat merusak komponen rambut, sehingga rambut akan mudah patah dan menghambat pertumbuhan rambut.

    Cara Mudah Memanjangkan Rambut Secara Alami

    1.    Rutin Potong Ujung Rambut

    Memotong ujung rambut dapat menghindarkan Anda dari kerusakan rambut, misalnya rambut mudah patah dan bercabang. Memang tidak berdampak secara langsung, tetapi hal ini dapat membuat rambut Anda tetap sehat. Selain itu yang lebih menariknya lagi, jika Anda rutin memotong ujung rambut maka secara tidak langsung Anda telah melakukan cara alami untuk melebatkan rambut lho.

    2.    Gunakan Minyak Esensial

    Minyak esensial sudah dipercaya sebagai bahan alami yang baik untuk pertumbuhan rambut. Bagi pria yang ingin gondrong juga dapat menggunakannya, terlebih minyak biji labu yang sangat mujarab dan telah dibuktikan melalui penelitian. 

    Selain itu, Anda juga dapat menggunakan minyak kelapa dan minyak zaitun sebagai bahan alami untuk merawat rambut. Akan tetapi, hindari penggunaan minyak yang telah bercampur dengan bahan kimia lainnya. Hal itu harus Anda hindari agar tidak berdampak buruk pada kesehatan rambut Anda.

    3.    Memijat Kulit Kepala Secara Berkala

    Teknik ini mudah Anda lakukan, bukan? Meski belum ada penelitian khusus terkait hal ini, akan tetapi dengan memijat kulit kepala akan membuat kepala Anda terasa rileks dan kulit kepala menjadi lebih bersih. Teknik ini secara alami dapat menyuburkan rambut, karena dengan memijat kulit kepala berguna untuk memperlancar sirkulasi darah di bawah kulit. 

    Tentu hal itu dapat merangsang proses pertumbuhan rambut. Jadi, jika Anda sedang luang lebih baik pijat kulit kepala secara berkala. Selain membuat kepala rileks, siapa tahu nantinya rambut Anda dapat cepat panjang dan lurus. Tak ada salahnya mencoba, kan?

    4.    Jangan Keramas Tiap Hari

    Banyak orang percaya bahwa dengan keramas setiap hari dapat menyuburkan rambut mereka secara alami. Faktanya, sampai sekarang belum terbukti bahwa hal itu dapat terjadi. Justru, dengan rutin keramas dapat menyebabkan kulit kepala rapuh dan berdampak rambut tidak tumbuh dengan subur. 

    Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk tidak sering berkeramas, cukup keramas setidaknya 2 – 3 hari sekali saja. Kemudian, bilas dengan air segar supaya kulikula rambut menjadi lembut dan terhindar dari rambut kering.

    5.    Gunakan Kondisioner

    Penggunaan kondisioner dapat mengembalikan minyak alami dan protein yang hilang pada setiap helaian rambut. Selain itu, kondisioner juga berfungsi merapikan kulikula rambut sehingga tekstur rambut menjadi lebih elastis dan kuat. Masalah kerontokan pun dapat terhindarkan dengan cara ini.

    6.    Jangan Membungkus Rambut Basah Dengan Handuk

    Kebiasaan wanita pada umumnya, setelah mandi selalu melilitkan handuk di kepala mereka. Tanpa disadari, helaian rambut dapat tersangkut pada serat-serat benang handuk. Hal itu dapat menyebabkan rambut jadi kusut dan mudah rontok. Jika terus terjadi, maka rambut akan semakin sulit untuk cepat tumbuh.

    7.    Jangan Menyisir Rambut Ketika Masih Basah

    Menyisir rambut ketika masih basah cenderung mudah rapuh dan rentan rusak. Lain halnya jika rambut dalam kondisi kering, hal itu dapat menstimulasi kulit kepala melepaskan minyak alami yang kemudian tersebar ke setiap helai rambut. 

    Oleh sebab itu, biasakan menyisir rambut ketika dalam kondisi kering setidaknya 2 kali sehari agar rambut tumbuh lebih cepat. Dan jika menyisir rambut dalam kondisi basah gunakan sisir bergigi jarang atau menggunakan jari-jari tangan agar rambut Anda tidak rusak nantinya.

    Cara Memanjangkan Rambut Dengan Bahan Alami

    1.    Teh Hijau

    Kandungan antioksidan yang tinggi pada teh hijau dapat merangsang pertumbuhan rambut dan menguatkan rambut Anda. Jika Anda biasanya membuang teh hijau sisa bekas, maka alangkah baiknya disimpan terlebih dahulu. 

    Anda bisa gunakan itu saat ada waktu luang untuk memanjakan diri. Caranya mudah, Anda tinggal menghangatkan teh bekas itu lalu usapkan pada kulit kepala. Diamkan selama 45 menit, kemudian bilas dengan air segar.

    2.    Lidah Buaya

    Sudah tidak diragukan lagi, dari dulu sampai sekarang lidah buaya dipercaya sebagai bahan alami yang berkhasiat mempercepat pertumbuhan rambut. Caranya mudah, Anda tinggal mengambil gel yang ada pada isi batang lidah buaya, lantas mengoleskannya ke kulit kepala dan rambut secara merata. 

    Anda bisa menggunakannya setiap hari saat sebelum mandi pagi dan sore hari. Diamkan hingga rambut terasa kaku atau setidaknya 1 jam, setelah itu bilas dengan berkeramas dan menggunakan air segar.

    3.    Santan

    Banyak yang tidak tahu, santan juga dipercaya sebagai bahan alami yang dapat menyuburkan rambut lho. Caranya masih sama, yakni mengoleskannya ke kulit kepala dan didiamkan selama setengah jam sampai benar-benar kering. Lantas dibilas sambil berkeramas hingga bersih.

    4.    Putih Telur

    Kandungan kaya protein pada putih telur dapat membantu menyuburkan rambut. Walau terkesan sedikit menjijikkan saat menggunakannya, namun putih telur merupakan bahan alami dan sudah dipercayai sejak lama. 

    Caranya cukup mudah, pisahkan putih telur dari kuning telur lalu campurkan dengan minyak zaitun atau minyak esensial. Kocok hingga berbusa, lantas oleskan ke permukaan kulit rambut secara menyeluruh sambil dipijat halus. Anda tunggu hingga 10 menit, lalu bilas dengan air segar.

    5.    Kemiri

    Sejak dulu kemiri juga sudah dipercaya dapat merangsang tumbuhnya rambut dengan cepat. Bahkan dahulu banyak orang-orang pedesaan yang menggunakan minyak kemiri untuk menumbuhkan rambut bayi mereka. Anda bisa membuat minyak kemiri sendiri dengan beberapa cara di bawah ini.

    - Cara disangrai, sangrai biji kemiri di atas wajan dengan tanpa menggunakan minyak sampai berubah kecoklatan. Setelah itu, gunakan blender untuk memecah biji kemiri. Lalu, minyak akan muncul lantas pisahkan minyak itu dari ampasnya.

    - Cara dibakar, bakar biji kemiri sampai gosong dan menghitam, kemudian gunakan blender untuk memecah biji kemiri. Pisahkan minyak dari ampasnya. Selesai.

    6.    Cuka Apel

    Cuka apel berkhasiat menjaga kadar pH rambut tetap stabil sehingga rambut akan mudah tumbuh dengan cepat. Caranya mudah, Anda bisa membuat campuran dari dua sendok makan cuka apel dengan segelas air hangat. Lalu, siramkan ke area rambut kepala sambil memijat halus kulit kepala. Lantas, diamkan beberapa saat setelah itu bilas dengan air segar.

    Itulah beberapa cara ampuh yang telah saya paparkan. Dengan menggunakan bahan alami yang dapat Anda temui di lingkungan sekitar, hal itu tentu memudahkan Anda dalam berikhtiar memanjangkan rambut. 

    Selain itu, selalu perhatikan penyebab-penyebab tertentu yang dapat memicu pertumbuhan rambut jadi terhambat.

    Semoga bermanfaat.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    1 Komentar untuk "Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat dan Lurus Secara Alami"

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel