Recent Posts

    Catat! Tips Lengkap Awet Muda dan Mencegah Penuaan Dini Secara Alami

     

    Semua orang tentu ingin awet muda, termasuk saya dengan Anda. Meski pada kenyataannya umur tidak lagi muda, selagi ber-ikhtiar tidak menutup kemungkinan untuk bisa awet muda lho.

    Asal ada niat dan kemauan keras untuk awet muda, peluang untuk menunda kedatangan penuaan bisa dicapai kok.

    Akan tetapi, bisa saya tegaskan sekarang juga bahwa hal ini tidaklah mudah.

    Saya akan membeberkan secara lengkap mulai dari penyebab penuaan dini, langkah pencegahan untuk menghindari penuaan dini, lalu tips ampuh agar sehat dan awet muda.

    Perlu saya tekankan juga untuk mendapat hasil yang maksimal, Anda harus benar-benar konsisten ya.

    Oke, langsung saja simak di bawah ini.

    Penyebab Penuaan Dini dan Pencegahannya

    Penuaan dini merupakan proses penuaan pada kulit yang terjadi lebih cepat dari seharusnya. Jika penuaan kulit normal terjadi di usia 30 tahun, penuaan dini terjadi sebelum usia tersebut.

    Nah, untuk mengecek tanda-tanda apakah Anda sudah mulai mengalami penuaan dini, dari hasil riset terbaru ditemukan tujuh tanda penuaan pada kulit yang dirasakan oleh sebagian besar wanita. Tujuh tanda penuaan itu, antara lain :

    • Terdapat bintik-bintik hitam
    • Kulit kering
    • Permukaan kulit kasar
    • Kulit kelam atau kulit tidak cerah
    • Pori-pori besar
    • Penurunan elastisitas kulit
    • Muncul garis-garis halus dan keriput

    Selain itu, perhatikan tanda-tanda penuaan pada area kulit wajah Anda, sebagai berikut :

    1. Bagian mata

    Bagian mata adalah bagian yang rawan dengan tanda-tanda penuaan. Biasanya, tanda-tanda yang terjadi adalah timbulnya kerutan-kerutan tipis pada daerah sekitar mata, terutama pada kantong mata.

    2. Bagian wajah

    Jika pada wajah Anda mulai timbul bercak-bercak putih, bisa juga hitam atau coklat. Itu juga merupakan tanda-tanda awal penuaan kulit. Jika perubahan ini sudah Anda alami, sebaiknya berhati-hati dan mulailah rajin merawat kulit Anda.

    3. Kulit berminyak ataupun kering

    Ada sebagian pendapat yang menyebutkan bahwa kulit berminyak cenderung lebih awet muda dibandingkan kulit yang kering. Sebetulnya, baik kulit berminyak atau jenis kulit yang kering, juga mengalami proses penuaan yang sama. Oleh karena itu, sekalipun kulit Anda berminyak, tetaplah waspada bahwa tanda-tanda penuaan kulit selalu ada di depan Anda.

    Nah, untuk penyebab penuaan dini terjadi karena adanya faktor internal dan eksternal.

    Faktor internal biasanya karena ada gangguan dari dalam tubuh. Misalkan, sakit yang berkepanjangan, serta kurangnya asupan gizi.

    Sedangkan, faktor eksternal dikarenakan kebiasaan buruk yang dilakukan secara terus-menerus dan dapat menimbulkan risiko penuaan di kemudian hari.

    Baik disadari maupun tanpa disadari, kebiasaan buruk nyatanya dapat mempercepat proses penuaan lho.

    Berikut beberapa kebiasaan yang mampu memengaruhi proses penuaan yang harus Anda hindari :

    1. Stres berlebihan

    Stres yang berlebihan dan berlarut-larut tentu dapat memicu penuaan dini. Anda harus menghindari hal tersebut agar tetap awet muda. Stres memang dapat muncul kapan saja dan dimana saja, terlebih saat Anda menghadapi kesulitan hidup dan beragam masalahnya.

    Kuncinya adalah bagaimana Anda mengelola stres itu sendiri. Jangan biarkan stres itu membebani pikiran Anda secara terus-menerus. Jika ada masalah, fokus dan segera selesaikan masalah tersebut agar Anda terhindar dari stres yang berkepanjangan. Namun, bukan berarti Anda akan bebas dari stres, yang menjadi masalah adalah ketika stres itu dalam kadar yang berlebihan.

    Ada banyak cara untuk menghilangkan stres dan setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda, Anda bisa juga cari tahu caranya pada artikel Cara Ampuh & Mudah Atasi Stres. Namun, cara paling mudah yang bisa saya sarankan ialah dengan menarik napas dalam-dalam dan hembuskan secara perlahan. Dengan begitu perasaan akan menjadi tenang dan kadar stres Anda akan stabil dengan cepat.      

    2. Konsumsi alkohol

    Minuman beralkohol selain haram dikonsumsi juga sangat buruk bagi kesehatan dan dapat mempercepat penuaan. Anda wajib menghindari barang haram ini, sebab jika Anda mencoba sekali saja kemungkinan besar akan meminumnya lagi di kemudian hari hingga berujung “kecanduan”.

    Anda juga patutnya menghindari pergaulan bebas yang mungkin dapat terpengaruh dengan teman yang sudah biasa meneguk minuman beralkohol. Jadi, hati-hati dalam memilih teman ya, karena pertemanan juga memengaruhi kebiasaan Anda nantinya.

    3. Kurang bergerak atau olahraga

    Jika Anda ingin tetap awet muda tapi malas bergerak, maka sangat tidak mungkin hal itu bisa terwujud. Olahraga menjadi sangat penting untuk mencegah penuaan dini.

    Ketika Anda berolahraga dan mengeluarkan keringat yang cukup banyak, maka tekstur kulit Anda menjadi lebih lentur dan segar. Hal itu tentu berbeda dengan orang yang tanpa melakukan aktivitas fisik, kulit kering dan jarang mengeluarkan keringat yang dapat memicu penuaan dini.

    Olahraga hendaknya dilakukan secara rutin. Tak perlu waktu lama kok, cukup dengan 5 sampai 10 menit saja setiap hari secara rutin dapat membuat Anda tetap awet muda.  Intinya, Anda harus konsisten untuk rutin berolahraga ya.

    4. Mengonsumsi makanan berlemak

    Berdasarkan hasil penelitian, kebiasaan menyantap makanan berlemak juga dapat memicu proses penuaan dini. Selain itu, menyantap makanan berlemak secara berlebihan menyebabkan muncul berbagai macam penyakit yang dapat mengancam kesehatan Anda.

    Tak jarang orang yang dilarikan ke rumah sakit karena penyakit yang diderita melalui kebiasaan buruk ini. Jadi, Anda harus mulai menghindari makanan berlemak dan lebih baik mengonsumsi makanan sehat lainnya untuk mencegah penuaan dini dan tetap sehat awet muda. Anda boleh mengonsumsi makanan berlemak asal dalam porsi yang wajar dan tidak sesering mungkin ya.  

    5. Merokok

    Menurut hasil penelitian, merokok dapat mempercepat terjadinya penuaan. Kandungan nikotin yang ada pada rokok-lah yang menjadi penyebabnya. Meski proses penuaan tidak secepat yang dibayangkan, namun tanpa disadari kerutan-kerutan halus bisa muncul seiring Anda lebih banyak mengonsumsinya.

    Jika Anda perokok aktif, lebih baik Anda mengontrolnya dengan membatasi beberapa batang rokok saja perhari. Lebih baik lagi jika Anda berusaha untuk menghilangkan kecanduan rokok tersebut. Dengan begitu, kesehatan Anda lebih terjamin dari yang sebelumnya.

    6. Menghirup udara polusi

    Kualitas udara yang Anda hirup juga menjadi persoalan penting untuk menjaga kesehatan kulit. Udara polusi yang sudah pasti kotor adalah hal yang harus Anda hindari.

    Jika Anda berada di jalan raya padat kendaraan, usahakan untuk memakai masker dan sunblock untuk menghindari sinar UV pada siang hari. Dengan begitu, paru-paru dan kulit Anda dapat terjaga dengan maksimal.

    7. Terlalu sering terkena sinar matahari

    Kulit yang terkena sinar matahari terlalu lama dapat mengakibatkan kerusakan pada kulit, hingga pada hal yang serius dapat memicu kanker kulit lho. Untuk pembentukan vitamin D pada tulang dan kesehatan kulit, Anda perlu berjemur beberapa menit saja sampai Anda merasa cukup.

    Jika berlebihan justru dapat mempercepat proses penuaan yang ditandai dengan munculnya noda hitam, kerutan, atau bintik-bintik merah bagi kulit sensitif. Tentu hal itu sangat tidak ingin Anda alami kan?

    Sebenarnya masih banyak kebiasaan-kebiasaan buruk lainnya yang dapat memengaruhi terjadinya penuaan dini. Yang Anda perlukan saat ini ialah menghentikan kebiasaan buruk tersebut, lalu menggantinya dengan kebiasaan baik yang berguna untuk mendukung Anda awet muda.

    Tips Ampuh Agar Sehat dan Awet Muda

    Ada lima tips yang jika Anda konsisten melakukannya dapat membuat Anda tetap sehat dan awet muda. Apa saja itu? Simak di bawah ini.

    1. Mengurangi kalori

    Mengurangi asupan kalori bisa menekan kecepatan produksi metabolisme oksigen relatif yang menghasilkan radikal bebas. Nah, molekul-molekul radikal bebas inilah yang dianggap “biang keladi” perusak komponen dalam tubuh. Selain menghindari kerusakan jaringan, mengurangi asupan kalori juga dapat meningkatkan produksi enzim yang dapat melindungi jaringan tubuh.

    2. Memperbaiki pola makan

    Mengonsumsi labih banyak sayuran, buah-buahan, susu non-lemak, dan sebagainya sangat disarankan daripada mengonsumsi makanan yang mengandung lemak dan karbohidrat. Meskipun karbohidrat berfungsi untuk menghasilkan tenaga di dalam tubuh, pengonsumsian yang berlebih tidak baik untuk tubuh.

    3. Meningkatkan aktivitas fisik

    Aktivitas olahraga adalah salah satu upaya agar memperoleh kesehatan yang memadai, terutama untuk memproduksi hormon pertumbuhan pada tubuh Anda. Hormon pertumbuhan yang Anda produksi dapat melawan proses penuaan dan melakukan proses peremajaan kembali sel yang telah mengalami proses penuaan.

    Masih berat menjalani olahraga? Jangan khawatir. Menurut penelitian, 10 menit saja melakukan jalan kaki secara rutin, seperti berkebun, naik sepeda, naik turun tangga, berdansa, bahkan mengangkat barang belanjaan sudah bisa dikategorikan sebagai “gerak badan” yang berguna bagi kesehatan Anda.

    Yoga, teknik pernapasan, dan relaksasi juga berguna untuk mengurangi ketegangan. Olahraga rutin sangat bermanfaat bagi jantung. Tidak hanya itu, olahraga juga dapat meningkatkan gerakan usus sehingga dapat mengurangi gangguan pada sistem pencernaan.

    Pada wanita, olahraga dapat menurunkan angka kasus kanker payudara, satu penyakit yang cukup sering dialami oleh wanita lanjut. Sedangkan, untuk pria yang berusia di bawah 60 tahun, olahraga mengurangi risiko kanker prostat.

    Demikian pula halnya dengan risiko mengalami diabetes karena kepekaan insulin terhadap glukosa menjadi meningkat pada orang yang terbiasa olahraga.

    4. Asah otak dan terapi hormon

    Akibat cairan dalam sel otak berkurang, berat otak akan berangsur menurun. Akibatnya, daya ingat pun akan berkurang. Untuk mempertahankannya, bisa dilakukan dengan memerhatikan hal-hal yang mudah diingat, seperti membaca dan berdiskusi. Melakukan hal-hal yang mampu meningkatkan aktivitas otak juga sangat disarankan.

    Kekurangan hormon pertumbuhan dalam tubuh manusia bisa dilihat pada otot yang mulai lemah, napas semakin pendek, kuku mulai rapuh, serta libido yang menurun. Bagi para pria, terjadi pembesaran prostat. Terapi hormon pertumbuhan dengan cara alami juga bisa dilakukan.

    Terapi ini dikenal dengan nama secretagogues. Terapi ini bisa merangsang hormon pertumbuhan dan dengan cara alami mampu menjarangkan komplikasi dalam tubuh. Penambahan hormon pertumbuhan bisa membantu pertahanan keseimbangan hormon lain.

    5. Berpikir positif

    Tahukah Anda, bahwa ternyata cara Anda dalam menangani masalah di dalam hidup dapat memengaruhi kesehatan lho? Sebuah penelitian di University of Michigan di Ann Arbor membuktikan bahwa seseorang pesimistis lebih mudah jatuh sakit dibandingkan dengan seorang yang optimistis.

    Ini karena rasa pesimis dan putus asa akan menurunkan kadar IgA (antibodi yang memerangi penyakit) dan fungsi Tlymphocytes (sel imunitas tubuh) akan bekerja lebih lambat. Kesimpulannya, semakin buruk perasaan yang kita rasakan, semakin buruk pandangan hidup yang kita terapkan, semakin buruk pula daya tahan tubuh kita.

    Berpikir positif adalah metode hidup yang belakangan ini aktif didengungkan, di samping mengembangkan sifat humoris dan banyak tertawa. Para ahli juga menyarankan untuk membina kehidupan sosial yang aktif.

    Berdasarkan hasil penelitian, mereka yang tidak suka menjalin kontak dengan teman dan keluarga, mempunyai 2 sampai 3 kali lebih besar risiko menderita penyakit jantung. Hasil penelitian juga mengatakan bahwa memelihara binatang piaraan berguna untuk kesehatan jiwa.

    Sekian tips lengkap untuk dapat awet muda dan mencegah penuaan dini dengan cara alami. Tetap konsisten untuk mendapat hasil yang maksimal ya.

     

    Sumber referensi : Sehat & Awet Muda dengan Metode Tradisional karya Aqila Smart   

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Catat! Tips Lengkap Awet Muda dan Mencegah Penuaan Dini Secara Alami"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel