Recent Posts

    4 Jenis Bisnis Berpeluang Besar yang Tidak Ada Matinya Alias Bisnis Abadi Sepanjang Masa

    Jenis Bisnis Abadi Berpeluang Besar

    Sebuah studi yang dilakukan oleh sebuah asosiasi pengusaha muda di Indonesia setahun lalu menemukan fakta yang cukup prospektif untuk dicermati. Ternyata, ada empat jenis bisnis atau usaha yang sifatnya abadi alias tak akan pernah mati. Inilah daftarnya.

    1. Bisnis Kuliner

    Sudah bisa dipastikan, makanan adalah kebutuhan paling mendasar pada makhluk hidup, apalagi manusia. Mungkin Anda sering melihat silih berganti warung makan yang ada di lingkungan Anda. 

    Ada yang tutup, namun lebih banyak lagi yang buka. Hal ini akan terus-menerus terjadi seperti siklus selama manusia masih hidup di dunia. Kita akan bahas lebih lanjut mengenai bisnis ini di bagian selanjutnya.

    2. Bisnis Kreatif

    Industri ini walaupun masih banyak dipandang sebelah mata, namun grafik pertumbuhannya terus meningkat di Indonesia. Ini jadi alasan terkuat pemerintah di zaman Presiden SBY membentuk Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

    3. Bisnis Sembako

    Kata sembako alias Sembilan Bahan Pokok hanya populer di Indonesia. Sembako seakan menjadi sebuah standar kebutuhan wajib sehari-hari masyarakat kita. Membuka usaha jual beli sembako terbilang sangat mudah. 

    Kita bisa membuka sebuah toko sembako yang menjual bahan-bahan pokok untuk kebutuhan sehari-hari. Bisnis sembako bisa dibilang sebagai bisnis yang cukup menggiurkan. 

    Hal yang paling penting dalam membangun bisnis ini Anda harus tetap konsisten menjalaninya dan berani bersaing harga dengan kompetitor sembako lainnya karena bisnis ini termasuk kategori easy to enter, easy to master.

    4. Bisnis Online

    Demam internet yang melanda dunia akan terus terjadi. Jendela dunia sekarang ada di ujung jari kita. Ditambah lagi beragam jenis media sosial yang menjamur. Mulai dari Facebook, Twitter, Path, Instagram, Youtube, dan masih banyak lagi. Dan semua itu bersahabat dengan para pebisnis!

    Dari berjualan pakaian hingga berjualan pesawat, semua bisa dilakukan secara online sekarang ini. Praktis, hemat, serta cepat menjadi keunikan bisnis yang tidak bisa ditiru oleh bisnis segmen lain.

    Kuliner is Never Die!

    Jika Anda perhatikan, di urutan pertama bisnis yang tak pernah mati adalah bisnis kuliner. Ini adalah kesempatan besar untuk Anda.

    Jika kita amati perkembangan dan laju pertumbuhan wirausaha di Indonesia dewasa ini, ada sebuah tren menarik di dalamnya. Dari sekian banyak bidang usaha, ada satu bidang usaha yang terlahir menjadi primadona usaha. 

    Ibarat jurusan di perguruan tinggi, jenis usaha ini adalah jurusan favorit yang banyak diminati oleh mereka yang ingin terjun di dunia bisnis. Kenapa bisa begitu? Jenis usaha apakah itu? Anda penasaran? Atau Anda malah sudah tahu karena sudah terjun dan menekuninya? Yap! Jenis bisnis yang dimaksud adalah bisnis kuliner.

    Seperti subjudul di atas, kuliner is never die! Menariknya, tidak hanya musik dangdut saja lho ya yang punya slogan “Dangdut is never die.” Ternyata kuliner pun memiliki slogan yang sama, bukan? It’s cool! Jika Anda pikirkan kembali, maka memang ada benarnya bukan slogan ini?

    Hemmm, sekarang coba Anda tanyakan pada orang lain dan diri Anda sendiri, siapa sih yang tidak suka makan? Anda tidak suka makan, serius? Semua orang pasti suka makan, bukan? Makan atau pangan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Primer. 

    Sepanjang zaman, manusia akan tetap butuh makan. Bahkan manusia purba saja rela hidup nomaden agar mereka bisa makan untuk bertahan hidup. Inilah yang menjadikan bisnis kuliner memiliki peluang yang signifikan. Selain itu bisnis kuliner itu mudah dijalankan, usaha ini juga memiliki kelebihan lain seperti bisa menghasilkan penghasilan harian, profit margin yang menggiurkan, dan segmen pasar yang luas. 

    Manusia mana pun yang masih suka makan, maka dialah pasar kita. Luas dan banyak, bukan? Sudah mulai tertarik dengan bisnis kuliner? Sudah terbayang bagaimana keuntungannya? Nyam nyam nyam nikmat banget.

    Sudah banyak orang yang sukses karena bisnis kuliner. Anda perlu bukti? Kita sebut saja mas Mono yang sukses dengan brand Ayam Bakar Mas Mono-nya. Beliau yang hanya lulusan SMA kini menjadi miliarder yang suka berderma dan memiliki puluhan cabang di Jakarta dan sekitarnya. Siapa yang mengira, bukan?

    Atau Anda tahu Kebab Turki Baba Rafi? Pelopor makanan kebab di Indonesia yang dimiliki oleh Mas Hendy Setiono telah meroket dengan ratusan cabang di seluruh Indonesia dan bahkan luar negeri. 

    Masih banyak lagi pengusaha kuliner lainnya yang sukses baik itu dalam bentuk restoran seperti d’cost, kafe di berbagai mal, Semerbak Kafe, atau bahkan hanya sekedar warung tenda di pinggir jalan. Jangan salah lho, walaupun hanya warung tenda di pinggir jalan namun keuntungannya bisa mencapai ratusan juta rupiah. Banyak contohnya seperti angkringan di Jogja atau Sup Ayam Pak Min asal Klaten yang punya ratusan cabang. Intinya bisnis kuliner memang tidak ada matinya! Laku keras!

    Bagai jamur di musim penghujan, hampir setiap harinya kita akan melihat lapak kuliner baru yang dibuka. Bidang kuliner memang bisnis yang seksi asalkan kita mau menggarapnya dengan apik ditambah dengan sentuhan inovasi dan kreatifitas.

     

    Sumber referensi : 7 Resep Rahasia Berbisnis Kuliner karya Fajar Alam Setiabudi

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "4 Jenis Bisnis Berpeluang Besar yang Tidak Ada Matinya Alias Bisnis Abadi Sepanjang Masa"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel