Recent Posts

    Lakukan Ini Untuk Membalas Kebaikan Orang Tua yang Telah Berkorban Demi Anak

    Lakukan Ini Untuk Membalas Kebaikan Orang Tua

    Sebagai pengingat, kita hidup sampai detik ini tidak lepas dari peran orang tua. Pengorbanan orang tua dalam membesarkan anak sangatlah besar. Segala kebutuhan kita dari mulai kecil hingga dewasa menjadi prioritas utama yang harus dipenuhi bagi mereka. 

    Ayah dan ibu adalah dua malaikat berwujud manusia bagi kita semua di dunia ini. Terutama sang ibu yang memiliki jiwa kasih dan lebih mudah dekat dengan buah hati.

    Kita sebagai anak tahu bahwa sebenarnya pengorbanan orang tua tidak mungkin dapat terbalaskan. Namun, bukan berarti hal itu menjadi alasan untuk tidak berbuat sesuatu terhadap mereka. Berbakti kepada orang tua menjadi hal utama yang dapat kita lakukan untuk membalas kebaikan mereka yang tak terhitung jumlahnya.

    Ada banyak hal sederhana yang dapat kita lakukan untuk membalas kebaikan mereka. Nah, untuk itu mari simak selengkapnya di bawah ini :

    1.   Sering mendo’akan & taat beribadah

    Ajaran kebaikan yang kita dapat dari orang tua semisal hal yang terkait ibadah, sebisa mungkin terus kita tingkatkan amalan-amalannya. Orang tua kita sudah pasti bangga melihat anaknya taat beribadah dan gemar menebar kebaikan. 

    Tak lupa pula kita harus sering mendo’akan untuk kebaikan orang tua baik di dunia maupun akhirat. Sebab, bagi mereka tidak ada yang lebih membahagiakan daripada seorang anak yang senantiasa tulus memanjatkan do’a untuk mereka.

    2.   Berbagi rezeki meski hanya seadanya

    Rezeki halal yang didapat akan semakin berkah jika kita memberikan sebagian kepada orang tua untuk mencukupi kebutuhan. Terlebih untuk orang tua yang sudah tidak sanggup lagi bekerja tentu sangat membutuhkan uluran tangan anaknya. 

    Kita tentu tidak tega melihat orang tua menderita, kan? Dengan memberi sebagian rezeki kepada mereka, yakini bahwa keberkahan dan jalan rezeki akan dipermudah serta diluaskan oleh Sang Maha Pemberi.

    3.   Kerjakan sesuatu tanpa menunggu disuruh

    Jika kita ingin meringankan beban orang tua, hendaknya segera mengerjakan sesuatu tanpa menunggu disuruh. Sebagai contoh, ketika ayah pulang ke rumah dalam keadaan letih, cobalah untuk menyiapkan teh hangat untuknya atau memijit kaki dan pundak agar penatnya hilang. 

    Sungguh, hal sederhana itu tentu sangat membahagiakan hati orang tua. Sebab tanpa disuruh, anak sudah mengerti bagaimana harus bertindak saat mengamati keadaan orang tua.

    4.   Ucapkan “Terima kasih” dan “Aku sayang ibu & ayah”

    Hal simpel yang dapat kita lakukan adalah berterima kasih kepada mereka. Meski terdengar sepele, namun hal ini sangat berarti bagi mereka. Terlebih jika kita mengatakan “Aku sayang ibu dan ayah” sudah pasti membuat mereka terharu. 

    Walau sebanyak apapun kita mengatakannya tidak akan dapat membalas kasih cinta yang telah mereka berikan pada kita. Tapi setidaknya kita telah mengungkapkan rasa sayang atas perhatian yang mereka berikan selama ini.

    5.   Menyempatkan waktu bertukar kabar walau terpisah dengan jarak

    Ketika memasuki usia dewasa, tak jarang kita memilih hidup mandiri dengan merantau jauh hingga ke negeri orang. Kita akan disibukkan dengan urusan pekerjaan dan lain sebagainya. Meski demikian, menanyai kabar orang tua tak kalah pentingnya bagi kita agar hati menjadi tentram. 

    Jarak tidak menjadi soal, era digital telah banyak mendukung kita berkomunikasi jarak jauh. Hanya saja yang menjadi persoalan adalah ketika kita lupa asal diri kita. Jangan sampai itu terjadi, melupakan keluarga dan orang tua dengan cara merantau justru membuat kehidupan semakin kacau balau. Kita boleh-boleh saja merantau, asal dengan niatan yang baik, yaitu membuat bangga orang tua.

    6.   Berusaha menjadi orang yang bermanfaat bagi sekitar

    Menjadi orang yang bermanfaat, entah itu di lingkungan sosial masyarakat maupun keluarga menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi orang tua. Sebab, nilai-nilai luhur dan moral baik yang telah diajarkan orang tua menjadi pedoman hidup bagi kita pada saat ditempatkan di lingkungan masyarakat. Nama baik keluarga pun juga ikut terangkat atas kebermanfaatan yang ada pada diri kita.

    7.   Berikan perhatian lebih

    Sama halnya ketika kita masih dalam pengawasan orang tua, mereka terus-menerus memberi perhatian kepada kita. Lantas ketika saatnya kita sudah beranjak dewasa, perhatian orang tua terhadap kita tetaplah sama. Namun, pernah ‘kah kita berpikir untuk memperhatikan mereka setiap waktu? 

    Kita telah banyak diperhatikan oleh orang tua dari kecil, maka kita juga hendaknya mulai menyadari bahwa mereka juga butuh perhatian dari kita. Selagi masih ada waktu untuk dapat bertatap muka dengan mereka, marilah kita mulai untuk memberi perhatian kepada mereka. Karena memberi perhatian adalah wujud kasih sayang kita kepada mereka, bukan?

    8.   Menabung untuk keperluan orang tua

    Kita semua tahu, semakin bertambahnya umur maka kemungkinan munculnya penyakit akan semakin meningkat. Sebelum hal itu terjadi pada orang tua kita, pastikan jauh-jauh hari kita menabung sedikit demi sedikit untuk jaga-jaga jika hal itu sampai terjadi. 

    Biaya kesehatan pasti sangat mahal, apalagi kalau sampai rawat inap. Sebagai opsi tambahan, kita juga bisa mendaftarkan orang tua ke lembaga jaminan kesehatan.

    9.   Berikan hadiah spesial

    Memberi hadiah kepada orang tua haruslah spesial. Kita bisa menabung untuk menyiapkannya jauh-jauh hari. Misalnya, kita ingin memberi hadiah umroh atau haji kepada mereka, tentu membutuhkan uang berjumlah besar ‘kan? 

    Nah, menabung sedini mungkin tidak ada salahnya dilakukan. Anggap saja hadiah itu untuk membalas kebaikan mereka selama ini, walaupun kebaikan mereka tidak akan pernah bisa terbalaskan seumur hidup kita.

    10.  Bersedekah atas nama orang tua

    Memberi infaq atau sedekah atas nama orang tua adalah salah satu cara kita untuk menolong orang tua saat di akhirat kelak. Kita pasti ingin sama-sama selamat di akhirat ‘kan? Kalau Tuhan berkehendak, keluarga dan saudara kita berkumpul bersama-sama di surga-Nya. Amiiin. 

    Sedekah juga tidak melulu langsung berjumlah besar, kita bisa mulai dengan sedekah kecil-kecilan tapi atas nama orang tua yang telah meninggal dunia. Hal itu merupakan wujud dari membalas kebaikan orang tua yang telah mendidik kita ke arah kebenaran dan jalan yang lurus.

    Itulah 10 cara membalas kebaikan atas pengorbanan orang tua terhadap kita sebagai anak. Marilah kita senantiasa mempedulikan orang tua sebaik mungkin agar kesempatan bersamanya tidak akan terlewatkan dengan sia-sia. Tentu ada banyak kenangan kita dengan orang tua, baik pada waktu kecil hingga dewasa.

    Membalas kebaikan orang tua memang-lah mustahil diwujudkan, sebab harta yang kita miliki atau apapun yang kita miliki tidak akan dapat menyaingi pengorbanan mereka selama ini. Hal yang bisa kita lakukan adalah selalu berbuat baik kepada mereka selagi masih ada kesempatan untuk bertatap muka dan saling mengasihi satu sama lain.

    Semoga bermanfaat.   

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Lakukan Ini Untuk Membalas Kebaikan Orang Tua yang Telah Berkorban Demi Anak"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel