Recent Posts

    Susah Cari Kerja? Ini Strategi Penting Mendapat Pekerjaan Dengan Mudah

    Cara Mendapat Pekerjaan Dengan Mudah

    Setiap pelamar memiliki pandangan tersendiri mengenai dunia kerja. Ada yang memandang harus ada skill-lah, atau ada juga yang berpikiran kerja apa saja deh yang penting halal. 

    Well, memang tidak ada yang salah dengan itu. Skill memang dibutuhkan dalam dunia kerja, tapi apakah hanya dengan itu Anda akan diterima kerja di perusahaan yang Anda impikan?

    Bahkan, tak jarang orang yang memiliki skill di bidang tertentu malah jadi pengangguran loh. Oleh sebab itu, Anda harus menyiapkan strategi khusus sebelum berkompetisi dengan pelamar lain. Persaingan dunia kerja semakin ketat, jika Anda tidak menyiapkannya sedini mungkin maka konsekuensi ditolak semakin dekat dengan Anda.

    Baik, langsung saja simak cara atau strateginya berikut ini :

    1.    Pahami Apa yang Sedang Anda Lakukan

    Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan semisal frustasi karena stres yang berlebihan, memahami dengan baik terhadap apa yang sedang dilakukan sangatlah dianjurkan. Dengan kata lain, sebagai pencari kerja Anda harus memiliki kesadaran dalam beberapa hal berikut :

    • Mencari pekerjaan sama prinsipnya dengan mempromosikan diri sendiri kepada perusahaan.
    • Punya skill atau kemampuan sangat membantu untuk menemukan bidang kerja yang saling berkaitan.
    • Semua butuh proses dan waktu, maka bersabarlah dalam berusaha.
    • Tanamkan keyakinan pada diri sendiri bahwa jika berusaha secara maksimal maka akan ada hasil nantinya, yakni mendapat pekerjaan yang diinginkan.

    2.    Tentukan Tujuan Karier

    Langkah selanjutnya adalah Anda harus menentukan arah atau tujuan karier yang ingin dicapai. Pilihlah perusahaan atau instansi yang Anda minati dan pada bidang kerja apa yang ingin ditekuni. 

    Namun, Anda harus tetap bersifat fleksibel. Dalam artian, tujuan karier bukan satu-satunya acuan utama atau mutlak yang harus diikuti. Semua itu tergantung situasi dan kondisi, pada kondisi tertentu Anda dapat berimprovisasi sehingga tujuan awal mencari kerja tetap dapat terlaksana.

    3.    Perluas Jaringan

    Kebanyakan pelamar sekarang dalam mencari informasi lowongan kerja hanya melalui aplikasi pencari kerja, grup facebook lowongan kerja, dan sebagainya. Padahal, ada banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja tetapi tidak menyebarluaskannya ke jalur-jalur tersebut. 

    Ada berbagai pertimbangan sebuah perusahaan melakukan hal demikian, misalnya perusahaan membutuhkan karyawan baru dengan kuota sedikit atau bisa dihitung jari dan tidak mau ambil pusing mengurusi begitu banyaknya pelamar yang mendaftar. 

    Oleh sebab itu, pihak perusahaan menggunakan jalur dalam melalui para staf atau karyawannya untuk menginformasikan kebutuhan tenaga kerja baru. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa Anda harus memperluas jaringan untuk mendapat pekerjaan dengan mudah.

    4.    Buatlah Career Portofolio

    Sebelum melamar kerja, pastikan Anda sudah membuat career portofolio terlebih dahulu. Portofolio karier terbagi atas dua, yaitu dokumentasi riwayat pelamar kerja dan dokumentasi hasil karya pencari kerja. Sama halnya dengan CV atau resume, portofolio berguna untuk mempromosikan diri Anda kepada perusahaan yang dituju. Untuk itu, usahakan portofolio dan CV yang Anda ajukan itu lengkap dan menarik perhatian pihak perusahaan.

    5.    Kenali Profil Perusahaan yang Dilamar

    Sebelum mengajukan lamaran kerja, Anda harus melakukan riset mengenai profil perusahaan yang dituju. Anda bisa mengeceknya di website perusahaan, dinas tenaga kerja setempat, atau pun bertanya secara langsung kepada karyawan yang bekerja di tempat tersebut. 

    Mengenali perusahaan yang dilamar wajib Anda lakukan untuk menghindari penipuan yang bisa saja terjadi. Misal saja, ada perusahaan yang mencari keuntungan dengan menipu pencari kerja dengan berbagai embel-embel dan mengharuskan pencari kerja membayar sejumlah uang administrasi. Oleh karena itu, Anda perlu waspada dengan penipuan semacam itu.

    6.    Persiapkan Diri Saat Melamar Pekerjaan

    Melamar pekerjaan tentu membutuhkan persiapan yang matang. Karena nasib Anda akan dipertaruhkan pada saat tahap wawancara dan tes. Maka, ada baiknya Anda mempelajari bagaimana menghadapi pewawancara dan mengerjakan psikotest. 

    Persiapan lain, misal menguatkan mental, memperbaiki penampilan, dan kesehatan perlu Anda perhatikan juga. Dengan begitu, seluruh potensi Anda akan maksimal saat tahap seleksi dari perusahaan berlangsung.

    7.    Gunakan Beragam Cara

    Untuk memperbesar kesempatan memperoleh pekerjaan Anda harus menggunakan beragam cara. Misal, jika Anda biasanya mengirim lamaran langsung ke perusahaan, lewat pos, atau pun menitipkan lamaran maka Anda perlu mencoba mengirim lamaran menggunakan email. Selain itu, Anda juga bisa mengikuti bursa kerja atau melalui jaringan (biro kerja). 

    Hal-hal tersebut dapat mengoptimalkan kesempatan Anda dalam memperoleh pekerjaan. Akan tetapi, Anda harus selalu patuhi prosedur dari perusahaan. Jangan sampai menyalahi prosedur, kalau tidak lamaran kerja Anda akan terbuang sia-sia. 

    Selain itu, pilihlah sesuatu yang paling efektif dan efisien. Cara efektif yang bisa Anda lakukan adalah dengan belajar langsung dari kesuksesan orang yang satu bidang dengan Anda. Bisa juga melalui jaringan yang menempatkan Anda sebagai orang ‘khusus’ di mata perekrut dibandingkan dengan pesaing sehingga peluang Anda diterima lebih besar.

    8.    Perbanyak Sasaran yang Relevan

    Sekarang ini banyak bidang pekerjaan yang kurang berkaitan dengan jurusan di sekolah, khususnya industri jasa. Akibatnya, saat lulus studi banyak yang tidak bekerja karena sedikitnya bidang pekerjaan yang diperebutkan banyak peminat yang berlatar belakang pendidikan sama. 

    Oleh karena itu, dalam mencari kerja jangan terpaku dengan latar belakang pendidikan yang dipunyai. Apabila ada sebuah tawaran pekerjaan yang tidak ada kaitan-nya dengan bidang dan dirasa mampu mengerjakannya, tidak ada salahnya Anda mengajukan diri. Namun begitu, jangan terlalu memaksakan diri. Apabila bertolak belakang sangat jauh dengan keterampilan kita, sebaiknya dihindari saja.

    9.    Perbanyak Sumber Informasi

    Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua informasi lowongan kerja dipublikasikan secara luas. Iklan lowongan kerja di media massa hanya sebagian kecil saja. Ada banyak cara digunakan perusahaan untuk menginformasikan lowongan kerja tersebut. Bahkan, ada perusahaan yang menyebarkan informasi lowongan kerja melalui orang-orang dalam saja. 

    Inilah mengapa Anda harus mempunyai kemampuan yang lebih dalam mencari sumber-sumber informasi. Oleh karena itu, perbanyaklah cara menjangkau sumber-sumber informasi tersebut. Anda bisa membaca, bertanya, menelepon, mengirim sms, bergaul, menyelidiki, atau masuk ke komunitas tertentu.

    10.  Perkaya Diri dengan Keterampilan yang Mendukung

    Untuk memenangkan kompetisi dalam mencari kerja perkayalah diri Anda dengan bermacam-macam keterampilan yang mendukung. Caranya dengan terus belajar dan berlatih hal-hal baru. Tidak ada salahnya Anda mengikuti kursus (komputer, bahasa asing), seminar, magang, atau pelatihan. 

    Dari berbagai kegiatan tersebut tentu pengetahuan dan keterampilan Anda akan semakin bertambah. Dengan demikian, Anda mempunyai banyak nilai tambah yang tentu saja akan menjadi pertimbangan bagi perekrut tenaga kerja. Dengan cara seperti ini berarti Anda telah memperluas dan memperbesar peluang untuk menang.

    11.  Terima Atau Tolak

    Konsekuensi logis dari melamar pekerjaan adalah diterima atau ditolak. Dalam kenyataannya, meskipun disadari bahwa mendapatkan pekerjaan adalah suatu hal yang sulit, terkadang ada tawaran pekerjaan yang terpaksa ditolak oleh pelamar karena berbagai alasan. 

    Jika Anda terpaksa menolak pekerjaan, lakukan hal itu dengan cara-cara sopan agar tidak menyinggung perasaan perusahaan yang Anda lamar. Sebaliknya, jika Anda menerima pekerjaan ungkapkan rasa terima kasih sebagai penghargaan atas kesempatan untuk berkarier di perusahaan tersebut. Kemudian, tindak lanjuti dengan membuat kesepakatan kerja dan langkah-langkah yang harus dipersiapkan sebelum mulai bekerja.

    12.  Evaluasi Seluruh Proses

    Saat melamar pekerjaan Anda pasti berharap bisa diterima bekerja. namun, tidak semua berjalan sesuai rencana atau keinginan meskipun semua langkah di atas telah Anda lakukan. 

    Apabila hal tersebut terjadi pada diri Anda, sebaiknya Anda melakukan evaluasi. Caranya adalah dengan menanyakan beberapa pertanyaan pada diri sendiri, di antaranya sebagai berikut.

    • Apakah saya sudah melakukan semua yang perlu dilakukan?
    • Seberapa jauh persiapan saya dalam menempuh setiap langkah di atas?
    • Hal-hal apa saja yang dirasa kurang dan langkah mana yang memerlukan perbaikan?

    Berdasarkan evaluasi tersebut Anda dapat melakukan langkah-langkah perbaikan dan kembali melamar lagi. Adapun jika menemui kegagalan lagi, sebaiknya Anda mencari bantuan kepada ahlinya atau kalangan profesional, seperti konselor dan psikolog. 

    Kadang kala kelemahan yang terdapat dalam diri akan tampak oleh orang lain yang lebih ahli. Dengan bantuan mereka, ada kemungkinan Anda bisa mengidentifikasi penyebab kegagalannya dan berusaha kembali untuk melamar pekerjaan.

    Itulah strategi atau cara yang dapat Anda terapkan untuk mendapat kemudahan dalam mencari pekerjaan.

    Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

     

    Sumber referensi : Cara Jitu Dapat Kerja karya Giyarto   

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Susah Cari Kerja? Ini Strategi Penting Mendapat Pekerjaan Dengan Mudah "

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel