Recent Posts

    Daripada Gabut, Mending Lakukan Hal Ini Untuk Hilangkan Kebosanan

    Cara Mengatasi Kebosanan

    Ada kalanya, kita merasa bosan dengan rutinitas yang itu-itu saja atau malah bosan karena tidak ada yang sedang dikerjakan. Alhasil, ketika mengalami gabut kita akan melakukan hal-hal konyol atau bahkan tidak penting sama sekali. 

    Kadang kala juga, ketika rasa bosan melanda kita terbiasa melakukan rebahan untuk mengatasi hal itu. Padahal, kalau dipikir-pikir meski kita mencoba rebahan tapi rasa bosan itu masih tetap ada, bukan? 

    Nah, untuk hal itu yuk cari tahu apa saja cara mengatasi gabut dan agar terbebas dari kebiasaan rebahan pada berikut ini.

    1.      Membaca Buku

    Jangan bilang aktifitas membaca itu membosankan, justru dengan banyak membaca pikiran kita akan menjadi lebih fresh. Kegiatan membaca buku sangat efektif untuk menghilangkan rasa bosan, sebab kita bisa melakukannya dimana saja dan tidak sampai mengganggu orang lain. 

    Kita juga bisa rebahan sambil menikmati bacaan yang menarik dan mengedukasi diri. Tapi, membaca sambil rebahan kurang disarankan meski hal itu sah-sah saja untuk dilakukan.

    2.      Bersosialisasi

    Sebagai makhluk sosial tentu kita memiliki hasrat untuk mengekspresikan diri lewat komunikasi. Jika hasrat itu tidak tersalurkan dengan baik, maka yang dikhawatirkan kesehatan mental kita akan terganggu. 

    Nah, untuk menghindarinya kita bisa menyempatkan waktu untuk quality time bersama teman, keluarga, tetangga, maupun orang baru. Kita bisa mencobanya dengan mengobrol mulai dari bahasan topik yang ringan serta diselipi humor agar perbincangan menjadi hangat dan mengalir.

    3.      Berolahraga Ringan

    Hal simpel yang bisa kita lakukan ketika gabut melanda adalah dengan berolahraga. Percaya deh, olahraga yang kita lakukan saat ada waktu luang selain dapat menyehatkan badan juga bisa dijadikan sarana ampuh dalam mengatasi kebosanan, gabut, hingga kemalasan. 

    Kita bisa memilih bidang olahraga apa yang disukai atau sekadar melakukan olahraga ringan yang tak memerlukan waktu lama.

    4.      Telusuri Tempat Lingkungan Sekitar / Touring

    Terkadang kita ingin mencari suasana baru dengan melakukan hal berbeda dari yang biasanya dikerjakan. Melakukan touring menjadi kegiatan yang tepat untuk hal itu. 

    Kita bisa mengikuti klub touring yang biasanya menggunakan sepeda motor maupun onthel / sepeda klasik yang ada di wilayah kabupaten. 

    Dengan mengikuti kegiatan semacam ini kita mungkin akan menemui hal baru di perjalanan menelusuri daerah sekitar. Tentu akan menjadi pengalaman yang berharga bagi kita saat membaur bersama untuk lebih mengenal lingkungan sekitar.    

    5.      Bermeditasi

    Rasa bosan yang diakibatkan oleh rutinitas sehari-hari memang hal yang menyebalkan dialami umat manusia. Ditambah lagi ketika ada waktu luang terkadang kita malah bingung mau mengisinya dengan melakukan hal apa. 

    Alhasil, kita malah tiduran atau mager karena saking bingungnya. Tentu hal itu menurunkan produktivitas kita jika sering-sering dilakukan. 

    Nah, rasa bosan yang kita alami itu tenyata bisa dikendalikan dengan menerapkan meditasi yang benar lho. Di sini saya tidak akan membeberkan bagaimana teknik meditasi, namun kita bisa mencari tutorialnya di youtube agar mudah dipelajari. 

    Meditasi yang tekun dijalani dengan benar akan berdampak baik terutama dalam hal mengendalikan emosi negatif termasuk kebosanan. Pada akhirnya, tentu dapat meningkatkan kualitas hidup pribadi orang yang menjalaninya.

    6.      Menekuni Hobi

    Hobi yang ditekuni bisa dibilang hal yang paling menyenangkan dan juga bermanfaat untuk dijalani ketika ada waktu luang. 

    Jika kita terlalu sibuk dengan rutinitas sehari-hari yang padat, menekuni hobi bisa menjadi solusi efektif menurunkan rasa penat dan kejenuhan. 

    Selain itu, skill pada hobi yang ditekuni juga akan meningkat tergantung dari kita, mau disiplin waktu atau melewatkan waktu luang begitu saja.

    7.      Memelihara Hewan

    Memelihara hewan dapat menjadi kegiatan yang menghibur diri ketika kebosanan melanda. Bermain-main dengan hewan terbukti dapat menghilangkan stres dan tekanan. 

    Terutama bagi kita yang memiliki rutinitas padat dan tekanan pekerjaan yang melelahkan. Tingkah hewan yang polos dan lucu seperti kucing tentu dapat meningkatkan mood kita. Alhasil, perasaan kita menjadi lebih baik dan semangat pun kembali pulih.

    Begitulah hal-hal positif yang bisa kita lakukan saat ada waktu luang dengan tujuan menghilangkan kebosanan. Daripada gabut, mending lakukan hal-hal yang positif seperti di atas ya!    

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Daripada Gabut, Mending Lakukan Hal Ini Untuk Hilangkan Kebosanan"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel